Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana

Bagian identitas

Jenis entitas

Badan Korporasi

Nama resmi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana

Nama paralel

Standar Nama berdasarkan ketentuan lain

Nama lain

Kode unik organisasi

Bagian deskripsi

Tanggal keberadaan lembaga

2009

Sejarah

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana awalnya bernama Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Jembrana, yang didirikan pada tahun 2009 berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 3 tahun 2008 yang merupakan gabungan dari Kantor Perpustakaan Umum Daerah, Kantor Arsip Daerah dan Dokumentasi. Alamat Kantor Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi Kabupaten Jembranadi Jalan Surapati nomor 1 Negara. Kemudian Peraturan Daerah tersebut diperbaharui kembali dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 15 Tahun 2011 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja perangkat daerah Kabupaten Jembrana; serta diperkuat pula oleh Peraturan Bupati Jembrana Nomor 64 Tahun 2011. Berdasarkan peraturan tersebut, Kantor Perpustakaan Umum Daerah, Kantor Arsip Daerah dan Dokumentasi berubah nama menjadi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana. Alamat Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana di Jalan Sudirman (Lantai I, Gedung Kesenian DR.Ir. Soekarno).
Selanjutnya Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Jembrana berubah nama menjadi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana. Dinas tersebut dibentuk berdasarkan peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 10 tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Jembrana dan Peraturan Bupati Jembrana Nomor 53 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Sebagai lembaga teknis daerah, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Bupati Jembrana. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam menyelenggarakan pemerintahan di Bidang Perpustakaan dan Kearsipan.

Tempat

Jalan Merak, Komplek Civic Center- Negara

Status hukum

berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 3 tahun 2008; Peraturan Bupati Jembrana Nomor 53 tahun 2016;

Fungsi, jabatan, dan aktivitas

Berdasarkan pada Peraturan Bupati Jembrana Nomor 53 tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, maka Tugas Pokok Dinas Perpustakaan dan Kearsipan adalah membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan bidang perpustakaan dan kearsipan. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana mempunyai fungsi :
1. perumusan kebijakan teknis sesuai dengan lingkungan tugasnya;
2. pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
3. pelaksana evaluasi dan pelaporan sesuai lingkup tugasnya;
4. pelaksanaan administrasi Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
5. pelaksana fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait bidang tugasnya.

Mandat/sumber kewenangan

Struktur internal/genealogi

1. Kepala Dinas;
2. Sekretaris;
3. Kepala Bidang Perpustakaan;
4. Kepala Bidang Kearsipan

Konteks umum

Bagian relasi

Bagian kontrol

Kode unik pencipta

Kode unik lembaga

Aturan dan/atau konvensi yang digunakan

Status

Tingkat kedetilan

Tanggal pembuatan, revisi, dan penghapusan

Bahasa

Tulisan

Sumber

Catatan mengenai pemeliharaan

  • Clipboard

  • Ekspor

  • EAC